Rabu, 27 Maret 2013

Nama Tuhan 2


MISTERI NAMA TUHAN
PENDAHULUAN
Ajaran tentang nama Tuhan belakangan ini sangat marak di bicarakan khususnya di dunia maya , dan banyak mereka yang tidak memahami hal tersebut terjebak dalam kebingungan . untuk itu melalui blog ini saya ingin membantu meluruskan hal-hal yang berkembang yang membingunkan anak-anak Tuhan belakangan ini , sekalipun mungkin penjelasannya masih banyak kekurangan namun minimal saya bisa membantu anda untuk memilih dengan benar dalam mengikuti Tuhan .

Kata TUHAN yang di nyatakan dengan huruf  besar dalam Alktab dan di kenal dengan  Tetragrammaton , dan itu menyatakan kombinasi dari huruf – huruf Ibrani yaitu :

Y H W H atau Y H V H

Nama itu adalah nama yang Tuhan ucapkan kepada Musa pada saat Musa di panggil untuk membebaskan bangsa Israel , dimana dalam bahasa Inggris di kenal dengan sebutan I AM  dan Indonesia AKULAH AKU .
Dalam pelafalannya huruf-huruf tersebut adalah  : Yud – Heh – ( Vav dalam Ibrani moderen sedangkan Wah dalam ibrani kuno ) dan kemudian Heh .

Sebutan nama Tuhan itu telah lama tidak di ginakan karena nenek moyang bangsa Israel menolak mengucapkannya semenjak satu generasi sebelum kehancuran bait suci di Yerusalem oleh bangsa Romawi , saat ini ada aliran yang menyebut YHWH sebagai Yahweh dan itu di ucapkan oleh yahudi ortodok .

Selain yahweh yang beredar sekarang ini ada juga yang mengucapannya dengan Yehovah yang di aman pelafalan ini lebih berlafalkan dari bangsa Jerman  dan istilah ini dapat di telusuri kembali sampai paling tidak kekarya latin  Pugio Fidei  oleh Raymund Martin seorang cendikiawan katolik , dan karyanya di tulis pada tahun 1530  di jerman.

YHWH ( Yud Heh Wah Heh )  
 Suatu ideogram adalah suatu symbol yang menyatakan suatu ide, seperti tanda berbentuk laki-laki atau wanita yang anda lihat di luar pintu-pintu kamar mandi umum. Huruf-huruf Ibrani mempunyai makna-makna ideografik sejak zaman paling purba  , ada beberapa makna ideografik bagi setiap huruf. Aleph, sebagai contoh, huruf pertama dari abjad Ibrani, bisa berarti ‘lembu’ maupun ‘banteng’. Beth, huruf kedua dari abjad Ibrani, menyatakan kata-kata ‘rumah’ atau ‘kemah’. Namun dalam setiap perkara, ide-ide yang dinyatakan oleh setiap huruf saling berhubungan secara erat.

Makna ideografik ‘Yud Heh Waw Heh’(Y H W H) yang secara lazim paling diterima oleh cendekiawan Yahudi sepanjang abad,….. penerjemahan huruf-huruf nama kudus TUHAN,…… yang diperkatakan sebagai ‘Yud Heh Waw Heh’ (Y H W H) secara simbolis dapat diterjemahkan secara akurat sebagai :

* Yud = tangan;
* Heh = jendela atau makna ‘pandanglah’ atau ‘lihatlah’;
* Waw = paku.

Jadi dikatakan secara simbolik, kombinasi huruf-huruf ini bisa secara akurat dan paling pasti diterjemahkan sebagai :
‘Yud Heh Waw Heh’ (Y H W H) = Lihatlah tangan itu, lihatlah paku itu.
Yeshua, atau Yesus, dalam bahasa Ibrani berarti  YHWH , artinya Keselamatan Kita, Jadi nama YESUS atau YESHUA adalah YHWH itu sendiri yang datang ke dalam daging menjelma menjadi manusia,…..di atas salib di bukit golgota terdapat rahasia siapa YHWH itu sebenarnya….

” LIHATLAH TANGAN ITU, LIHATLAH PAKU ITU ” = YHWH

Siapakah DIA yang tangannya dipaku di atas kayu salib untuk menyelamatkan umat manusia ? DIA adalah YESUS atau YESHUAYHWH = YESUS / YESHUA HAMASIAH Inilah rahasia nama TUHAN


salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar